Asesmen Nasional merupakan upaya memotret secara konprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari ases nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.
Asesmen Nasional (AN) dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan jenjang dasar dan jenjang menengah. Prestasi murid dievaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan.
Instrumen Asesmen Nasional meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survey karakter, dan survey lingkungan belajar.
Tujuan Asesmen Nasional antara lain mendorong guru untuk mengembangkan kompetensi kognitif yang mendasar sekaligus karakter murid secara utuh. AN menghasilkan potret komprehensif yang berguna bagi sekolah/madrasah dan Pemda untuk melaukan evaluasi diri dan perencanaan perbaikan mutu pendidikan.